Kamis, 14 Juni 2012

Pendakian gunung merbabu dari jalur tekhelan kopeng



Tekelan  dairah ini bisa akases dengan melalui terminal salatiga dan beralih denagan menggunakan minibus jurusan kopeng  dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Setelah kita sampai pada kopeng yang notabennya merupakan daerah pariwisata kita akan mendapatkan pemandangan yang indah pula. Dari kopeng kita harus melakukan perjalanan tuk menuju desa tekhelan dengan membutuhkan sekitar 45 menit perjalanan dengan jarak sekitar 1,5 km dengan jalur yang sedikit nanjak. Pada bascame tekhelan ini kita bisa menuju puncak merbabu sekitar 8 jam perjalanan, pada daerah ini kita sudah berada pada ketingghian 1596Mdpl dan bersuhu rata2 15-20° C. dan di bascame teklan ini kita bis menemui bp ari wijaya/ bp sunarto untuk berurusan perizinan.
Setelah kita melakukan perizinan dan persiapan kita bisa melakukan perjalanan berupa rumah2 penduduk yang berlanjut dengan memasuki perkrbunan dan pohon2 akasia dengan lintasan yang masih agak landai sampai kita menemui hutan heterogen milih perhutani. Setelah dari sini kita akan menemui pos pending yang berjarak 1,2KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.
Dari pos pending menuju pos I gumuk
Pada pos ini kita sudah berada pad ketinggian 1800 Mdpl,pada tempat inikita bissamenemukan sumber air pad sisi kiri lintasan, setelahitu kita akan menemukan sebuah sungai kecil yang bernama sungai kethekan dan berlanjut perjalanan dengan melintasi sebuah jurang yang cukup dalam  bias disebut dengan kereng putih. Dan sepanjang 1,5 Km ini kita harus tetap berhati2 karena lintasan amat berbahaya.
Menuju pos II (lempong sampan)
 Dari pos I gumok menuju pos keII lempong ini kita hanya berjaraj sekitar 785m manun kita membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan artian medan sudah mulai menanjak, dan lokasi ini masih pada tutorial hutan heterogen milik perhutani.

Menuju pos III (watu gubuk)
Setelah kita dari pos II (lempong sampan) kita melanjutkan perjalanan menuju watu gubuk, untuk menujun watu gubuk ini kita bisa menempuh perjalann dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan dan memiliki jarak sekitar 724 m dengan medan yang terbuka serta menanjak. Pada pos ini saya harap kalian harus berhati2 karena disisi medan yang nanjak hembusan angin di tempat ini lumayan kencang. Dan saya sarankan tuk beristirahat di dalam lubang watu gubuk yang bisa muat sekitar 5 orang. Pada tempat ini kita sudah mencapai ketinggian sekitar 2610Mdpl.

Menuju pos IV (watu tulis)

Selepas watu gubuk tadi kita akan menjumpai lintasan yang semakin terjal dan nyaris tiad yang datar lagi serta amat berdebu, namun sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan dengan pemandanga yang amat elok dan idah sekali serta akan menjumpai berbagai tumbuhan seperti anggrek, stowberi dan pohon edelwais yang menyebarkan aroma khasnya. Untuk menuju pos watu tulis kita membutuhkan wahtu sekitar 45 menit dengan medan yang curam tadi.


Menuju pos V (halipad0
Pada pos ini kita akan menamukan  stasiun pemancar milik TNI AD  dan tuk menuju pos hali pad yang berjarak 600 m kita membutuhkan waktu 30 menit dengan medan yang sedikit menanjak. Di tempat ini kita akan berada diantara puncak- puncak merbabu yang terpisah. pada sekitar tempat ini pula kita bisa menemukan sebuah kaawah mati yaitu kawah condrodimuko
Menuju puncak
Selepas dari pos V kita akan dihadapkan pada sebuah rute yang terberat yaitu kita harus melewati jembatan setan, linmtasan ini berupa punggungan tipis dengan jurang yang menganga di sisi kanan dan kirinya di tambah dengan hembusan angin yang amat kuat sekali sepanjang  600 m pada lintasan ini.  setelahnya kita akanmenjumpai persimpangan yang bila kita kea rah kiri kita akan sampai pada puncak syarif dengan menempuh jarak 180 m. dan bila kekanan kita akan sampai pada puncak tertinggi gunung merbabu yakni puncak kenteng songo dengan jarak tempuh sekitar 430 m membutuhkan waktu kira2 45 menit  dengan medan yang menanjak dan ssekali ada turunan  sedikit.
Puncak tertinggi gunung merbabu
Pada punck ini kita mendapatkan sensasi yang luar biasa denagan pemandangan yang sanmgat indah sekali, di antaranya kita bisa memendangi puncak gunung merapi yang mengempulkan asap putihnya setiap saatdan nampaknya sangat dekat sekali. Kita melihat kea rah barat Nampak gunung sindoro dan sumbing yang amat jelas dan berdiri berdampingan dan yang agak sedikit dekat lagi kita bis melihat puncak ungaran dan telomoyo, sedangkan di kejauhan kita melihat kea rah timur terlihat gunung lawu yang agi sendirian denagn puncaknya memanjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar