Akses kesana
untuk menuju bascame pendakian yaitu bisa dari
arah jawatengah, bias lewat solo kita
naik bus yang jurusan tawangmangudari tawangmangu tadi kita turun di
terminalnya, baru kita beralih dengan mobil omprengan kalo orang situ
menyebutnya, ingat jangan kesorean ya krna mobil itu adanya smpe jam 19.30 saja
kalo kalian orang banyak saya sarankan tuk sekalian di carter buat pulang pergi
sekalian, caranya kalian nentukan waktu kepulangan kalian, dengan cara itu
kalian akan lebih dapat harga yang agak murah. Saya dulu kalo nyarter Cuma
habis 150 rb sih buat pulang pergi. . .
Pengenalan bascame
Perlu
temen2 ketahui di bascame yang dari arah barat ini sarana dan
prasarananya gak jauh beda dengan yg ada di bascame dari arah timur yaitu
cemoro sewu, disini juga tersedia mck, mushola, dan adapula tempat tuk kita
beristirahat semacam aula, namun di tempat ini tak serame dengan bascame yang di cemoro sewu untuk untuk pedagangnya
jg tak sebanyak di bascam sebelah yang berjarak sekitar 200-300 meter itu…
Pendakian melalui jalurini memang sedikit
panjang namun perjalanannya relative landai dan nyantai dan pos2 yang ada di
jalur ini sebagian besar sudah yak layak pakai kecuali pada pos satu dan dua ,
di jalur ini kalian harus hatu2 ketika pada musim hujan karena jalannya masih
kebanyakan tanah sedikit berlumpur , jadi paas musim hujan sangat licin….
Persiapannya
Ingatya,
sebelum teman2 melakukan
pendakian tentunya harus melakukan
persipan yang matang dan persiapkan
fisik yang bener2 fit dan sehat, tak lupa bagi kalian jangan lupa mempersiapkan
pakaaian yg tebal maupun jaket , karena kondisi di puncak bener dingin yang
amat menyayat.dan saya sarankan bagi pemula yang belum punya fisik yang bagus
tuk perjalanan jauh, gak usah bawa makanan yg bnyak2 cukup bawa uang yg banyak
aza, krena di atas klian bsa nemui warung2 dan penjual jajanan dan bila melalui
jalur ini di usahakan memakai alaskaki yang agak bergerigi krena medan yang
agak licin tadi. . . ..
Perjalanan dari bascame ke pos 1
Perlu di perhatikan bagi temen2 ya, sebelum
kalian mendaftar dan melakukan pendakian kalian harus cek ulang barang bawaan
kalian jangan sampe menyepelekan satu barang pun. Setelah barang2 kalian sudah
komplit kalian bias langsung mendaftar ke petugas dan anati kalian akan di
kenakan biaya 5000 rupiah per orang, dan nantinya akan di beri waktu pendakian
biasanya sekitar 3 hari dan setelah turun dari perjalanan kalian diwajibkan
melapor dulu. Pada perjalanan yang melalui jalur ini pertama kali kalian akan
mendapat suguhan yang sedikit berbeda dengan jalur cemoro sewu disini kalian
akan menemukan sedikit hutan dan jalur yang kalian lewati sangat landai dan bisa
dengan nyantai. Pada daerah ini bias dinamai dengan taman sari bawah.
Sebelum mencapai
Pos 1 terdapat jalan setapak yang menuju ke air erjun. Di jalur ini seringkali
bau belerang sudah mulai tercium. Pos 1 terdapat bangunan yang dapat melindungi
pendaki dari hujan dan terpaan angin kencang. Pada hari kamis - minggu biasanya
terdapat pedagang makanan yang menempati Pos ini.
Dari pos1 ke pos2
setelah kita sampai pad pos ke satu kita
lnagsung saja berlanjut perjalanan menujun pada pos ke 2 yang biasa di sebut
dengan taman sari atas, pada jalur ini kita akan sedikin mengeluarkan tenaga
yang lebih berat dari pada sebelumnya karena jalur sudah sedikin menjadi curam,
dari sini kita bvisa lihat kawah condrodimuko yang selalu mengeluarkan bau yang
menyerupai bau kentut atau bau belerang, mulai jalur ini pula lah nanti
sepanjang jalan kita akan sring menemukan tanaman bunga edelwais.pada pos yang
kedua ini pula di hari2 tertentu juga sering di gunakan pedagang menjajakan
dagangannya.
Dari pos2 ke pos3
Sampai kita
pada pos yang ke 2, drisini nanti kita akan melewati sumber mata air dan sebuah
sungai kecil yang airnya amat jernih, setelah dari sini kita berlanjut menuju
pus ke3 kita akan melewati medan yang lumayan menantang dengan melewati tebing
batu yang amat di sisi kanan kita, namun harus hati2 ya di sisi kiri kita ada
jurang yang amat dalam loh, pada jalur ini selain kita menyusuri tebing daerah
ini juga raawan longsor bila musim penghujan jalurnya amat licin harus ekstra
hati2 bila kabut menerpa jalur sangat tidak kalihatan.
Dari pos3 ke4
Sesampai
di pos ke 3 kita di jumpakan pad sebuah bangunan yang sudah rusak sehingga kita
takbisa berlindung dari hujan pada pos tersebut.kita berlanjut saja menuju pos
yang ke4, kita akan melewati suatu tempat yang biasa di keramatkan oleh
masyarakat setempat, yakni sumber mata air yang di namai dengan sendang
panguripan,tepatnya sendang ini berbentuk seperti sumur dengan air yang lumayan
jernih sekali dan super dingin pula.di tempat ini pula kita biasa bisa temui
bunga dan kemenyan tinggalan dari para peyiarah yang dating.
Dari pos4 ke5
Sampaijuga
kita pada pos yang ke4 yangmana perjalanan setelah ini akan berubah menjadi
berliuk2 menyusuri lere2 yang terjal, di tempat ini terdapat jalan pintas yang
amat licin dan terjal sekali sayasarankan kalian takusah melewati jalur
tersebut. Sepanjang jalur ini kita akan temui bunga edelwais yang tumbuh banyak
sekali di sekeliling lereng ini. Pada rute ini pula kita akan di suguhkan
pemandangan yang amay elok sekali, pokoknya nyesel kalo gak mengabadikan moment
di tempat ini.di tempatini kita seakanakan terbang pada suatu tempat seperti
yang ada pad komik2 jepang . dari sini pula puncak cokro suryo kelihatan amat
runcing sekali dan Nampak indah sekali.
Menuju puncak
Sesampainya
kita pada posyang ke5 kita bisa langsung melakukan perjalanan ke puncak hargo
dumilah bisa juga langsung ke makam kuno yang ada di puncak hargo dalem.
Sepanjang jalur ini nanti kita akan di perlihatkan karunia allah yang amat
megah sekali yakni pemandangan alam yang amat luar biasa dan mungkin jarang
kita dapatkan di tempat lain apalagi ketika bunga edelwais mulai bermekaran.
Perjalanan pulang
Sesampainya
kita di puncak dan setelah kuta menikmati puncakini jangan lupa di periksa barang2 kalian jangan
sampai ada yang tercecer dan ingat bersihkan tempat sebelum turun, dan kalian
harus ekstra hati2 ketika kalian melewati turunan tebing yang terjal tadi
karena ketika turun lebih suliot dan lebih bahaya dari pad kita mendakinya…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar