Kamis, 14 Juni 2012

Pendakian gunung lawu dari arah timur (cemoro sewu)




Sebelum saya panjang lebar ni ada sedikit saran yang mungkin amat berguna wat tmen2 yang akan mlakukan pendakian gunung lawu bila dari arah timur. . . . . . 
Akses menujunya
bagi teman2 yang ingin melakukan pendakian teman2 bisa memulai perjalannan dari  arah timur ,temen2 bisa mulai dari arah kabupaten magetan dari sana langsung naik aza dengan angkutan travel tuk menuju sarangan dan bascam pendakian, dari sana sudah tersedia sampai jam6 sore saja dan ionget kalo kalian orang banyak saya sarankan tuk di carter wat pulang pergi sekalian biar murah dan kalian bias bikin janji kalian kapan mau baliknya. . . .. . . .

Pengenalan bascamenya
Setelah temen2 sampe pada bascame pendakian, teman2 bisa melakukan pendakian dari bascame  yang tentunya sudah tidak asing lagi dan mudah aksesnya yakni bascame cemoro sewu,yang mana kalo kita baca pada panfletnya tertera tulisan pemerintah kabupaten jawatimur, meski dari bascame yang satunya hanya berjarak sekitar 300-400m. perlu di ingat bagi temen2 yang masih pemula saya saran kan tuk mulai star pendakian dari cemoro sewu ini, karena dari lokasi ini teman2  bisa melalui jalan yang memang bener2 di tata dan tentunya medannya lebih bersahabat.kalo di bascam ini temen2 bisa dapetkan tempat yang lumayan komplit krna dah ada fasilitas warung makan, warung sofenir, masjid, dan ada pula tempat peristirahatan.
Yang perlu di siapkan
Oh iya, perlu di ingat sebelum teman2  melakukan pendakian tentunya teman2 melakukan persipan yang matang dan  persiapkan fisik yang bener2 fit dan sehat, tak lupa bagi kalian jangan lupa mempersiapkan pakaaian yg tebal maupun jaket , karena kondisi di puncak bener dingin yang amat menyayat.dan saya sarankan bagi pemula yang belum punya fisik yang bagus tuk perjalanan jauh, gak usah bawa makanan yg bnyak2 cukup bawa uang yg banyak aza, krena di atas klian bsa nemui warung2 dan penjual jajanan. . . ..
Perjalanan dari pos 1 ke pos 3
kalo temen2 sudah bener2 melakukan persiapan secara matang dan komplit temen2 langsung saja mendatangi pos pendafratan yang sudah tersedia , dari sana akan dikenakan biaya 5000n rupiah perorang dan bisanya kalian akan di beri waktu pendakian sekitar 3 hari dan harus melapor setelah turun dari pendakian, setelah temen2 mndaftar kalian bisa melakukan perjalanan. suguhan pertama yang kalian akan dapatkan hanyalah hutan belantara dan sesekali akan menemukan ladang penduduk yang ditamani sayuran wortel dan kol, pada perjalan dari bascame menuju pos yang pertama dan ke dua ini medan yang akan kalian tempuh tak begitu menantang dan jaraknya menuju pos satu  lumayan jauh sekitar 1-2 jam prjalanan, di tengah perjalanna kalian akan menemukan sendang panguripan. Dan dari pos perma kalian akan menemukan gubuk lagi dengan jarak tempuh sekitar 1jam lebih sedikit, posisi gubuk ini masih di tengah hutan belantara namun medannya lumayan masih enak ,

Menuju ke pos 3 jalan pendakian makin menghabiskan tenaga karena makin terjal, tetapi masih lumayan, karena tiap posisi pindah bukit ada bonus jalan landai enak untuk berlenggang, sesampainya pos 3 sya sarankan tuk istirahan yg cukup karena setelah pos ini stamina kalian akan di uji sangat.
Perjalanan dari pos 3ke pos4
Setelah Pos 3 ini dijamin stamina kita digenjot habis-habisan. Sehingga udara dingin berkurang krena makin keringetan. Setiap 10 langkah menuju pos 4 bagi pemula pasti sudah ngos-ngosan. Dan jarak tempuhnya makin jauh, sama sekali tidak ada bonus di perjalanan pos 3 ke 4 ini. Kebanyakan pendaki kalau sudah sampai pos 4 akan beristirahat sambil membuka bekal mie rebusnya dan memasaknya untuk tambah energi
Perjalanan dari pos 4ke pos5dan puncak
Perjalanan dari pos 4 ke pos 5, sangat menyenangkan, karena posisi pos 4 ini sebenarnya hampir sampai puncak arga dalem. Ingat puncak lawu ada 2 yaitu argadalem (tempat makam Brawijaya) dan Argadumilah puncak sesungguhnya. Perjalanan dari pos 4 ini kita akan menemukan sebuah sumur yang diberi nama Sumur Jalatundha, karena kalau berkenan mengambil air kita harus masuk sebuah lubang mirip gua, dan jalannya turun, karena sebuah sumur, hingga menemukan air di dalam sana, kira-kira sekitar 15 m ke bawah, bawa lampu karena gelap. Setelah sumur Jalatundha kita berlenggang pindah bukit menuju ke sebuah sabana luas, dan di sana terdapat sebuah sumur lagi yang diberinama Sendang Derajad, konon sendang ini berisi ketika musim kemarau atau tepatnya di bulan Sura, selain itu tidak ada airnya. Setelah sendang Derajad, kita masih berlenggang di sabana yang luas menuju Pos 5 yang tepatnya di dekat Makam atau puncak Argadalem. Para pendaki yang berburu terbitnya matahari biasanya menginap di sini, karena tepat ini luas, seperti lapangan, 3 kali lapangan sepakbola lebih di tempat ini kalian bias ber istirahat sejenak dan menikmati perbekalan kalian .dan di sekitar tempat ini pula kalian bias bias menemukan warung2 yang menyediakan makanan dan cemilan.
Puncak argodumilah
Setelah teman2 sampai pada puncak ini kalian bias merasakan sensasi yang amat luar biasa antara takjub bangga dan senang, dari puncak ini kalian bias mendapatkan pemandangan yang amat luarbiasa dan tentunya jangan lupakan kesempatan ini tuk mengabadikan momen tersebut.
Turun pendakian dan pembelian oleh2
setelah temen2 puas di puncak  dan temman2 ingin melanjutkan perjalanan tuk turun perlu di inget dengan barang baaaan temen2 jangan sampai adan yang kelupaandan jangan lupa bersihkan sampah sekitar kalian, Dari puncak temen2 bisa turun melalui jalur yg tadi buat naik atau bias juga dengan jalur yang berbeda yaitu dari jalur barat menuju bascame cemorokandang. Kalo temen2 melakukan perjalannan pulang saya sarankan tuk pelan2 krena biasanya kalu tergesa2 kalian akan sering terpeleset dan jari2 kalian biaanya terasa sakit.sesampainya temen2 di bascame temen2 jangan lupa luangkan waktu sejenak tuk beli oleh2 yang sudah tersedia , kalian bias beli stiker, kaos maupun alat2 yang lainnya.
Sampai disini dulu perjalanan kita dari bascam cemoro sewu dan selamat menikmati. . . .. . .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar